Ada 6 Kendala UKM Berkembang, Apa Penyebabnya?

Ada enam hal yang menghalangi perkembangan UKM di Indonesia, di antaranya pemasaran, permodalan, teknologi, administrasi dan jaringan (22/08/17 – kontan.co.id). Keenam hal ini diungkapkan oleh CEO Pro Indonesia Foundation, Budi Satria Isman pada satu kesempatan.

Sepintas keenam hal tersebut tak jadi masalah, namun lama-kelamaan akan menjadi komplikasi, khususnya ketika UKM mulai naik skala (scale-up).

Misalnya, ketika masih produksi 100 pcs masalah modal mungkin masih bisa disiasati secara pribadi, namun ketika tiba-tiba ada permintaan hingga 1000 pcs, barulah sadar perlu bantuan modal dari instansi keuangan seperti bank. Tentunya keenam kendala tersebut tidak akan jadi masalah ketika kita punya tujuan dan perencanaan yang matang.

Menurut hasil survei kepada UKM di 30 kota yang juga disampaikan Isman, hampir 90% UKM terbentuk “by accident (karena kebetulan)” dan bukan “by design (karena direncanakan)”.

Perencanaan, yang idealnya menjadi fondasi bagi suatu bisnis, menjadi terbengkalai sehingga perkembangan UKM jadi mandek. Apakah bisnis kita sudah punya target penjualan untuk 12 bulan ke depan? Jika belum, kita perlu mulai berbenah dari situ. Membangun perencanaan tidak sulit tetapi butuh jam terbang tinggi, ditambah dengan support dari mentor.

Ingat, perencanaan yang baik tidak hanya dibutuhkan oleh bisnis besar saja, bisnis kecil juga.

Lihat model bisnis by design dengan bantuan modal dan mentor dari Konektifa di sini.


Gambar:

d3images via Freepik, Kris Atomic via Unsplash

Ref:

http://peluangusaha.kontan.co.id/news/ini-6-masalah-utama-ukm-sulit-tumbuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *