Menjaga Usaha Tetap Produktif Saat Liburan

Pernah mendengar pendapat bahwa wirausaha itu pekerjaan tanpa libur? Lalu, apa yang harus kita lakukan jika ingin tetap produktif di saat bisnis dan instansi lain meliburkan diri?

Berikut adalah tips untuk menjaga usaha tetap produktif meskipun sedang di tengah liburan:

Umit Bulut via Unsplash

  1. Pikirkan Periode Selanjutnya. Isi waktu liburan dengan menyiapkan strategi bisnis selanjutnya. Jangan takut waktu liburan “terkontaminasi” pekerjaan. Strategi atau pemecahan masalah lebih mudah dipikirkan ketika suasana kita sedang santai seperti saat liburan ini. Tidak perlu terlalu ditel, cukup konsep kasarnya saja.

Anete Lūsiņa via Unsplash

  1. Tetap Pantau. Tetap lakukan rutinitas harian usaha Anda. Jangan membuang segala urusan setelah liburan. Misalnya, mengecek stok, utang, piutang dan segala transaksi yang sedang berjalan atau belum selesai. Bisa lebih mudah jika Anda punya pencatatan online.

Matthew Henry via Unsplash

  1. Jaga Hubungan di Media Sosial. Jangan sampai putus hubungan dengan kustomer, supplier dan reseller kita. Usahakan untuk ikut hingar-bingar hari raya. Posting di media sosial atau kirim ucapan pribadi kepada rekan-rekan mitra. Ini penting pula untuk menjaga kehangatan hubungan kita setelah liburan.

Harapannya, selama liburan usaha kita tidak benar-benar mengalami mati total atau tidak beroperasi sama sekali. Seusai liburan, bisnis kita dapat langsung pulih dan berjalan seperti semula. Inilah yang membuktikan bahwa usaha kita sustainable.


Di tengah-tengah mudik Anda butuh data kustomer dan supplier, mencatat inventori, menghitung stok dan melihat grafik usaha Anda secara online? Konektifa bisa menyediakannya dalam satu aplikasi. Jangan lengah memantau usaha kita. Salam UMKM!

 

One thought on “Menjaga Usaha Tetap Produktif Saat Liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *