Pelatihan UMKM Perdana bersama Wadah Entrepreneur Indonesia

Senin, 1 Mei 2017 kemarin Konektifa bekerja sama dengan Wadah Entrepreneur Indonesia (WEI) mengadakan Pelatihan Integrasi Digital Marketing untuk UMKM. Acara ini merupakan lanjutan dari rangkaian Grand Launching Konektifa yang diadakan pekan lalu.

Partisipan terdiri dari 6 pelaku usaha terpilih dari Grand Launching sebelumnya. Jenis usaha yang dilakukan keenam UMKM ini berbeda-beda, mulai dari produk hingga jasa. Pada kesempatan ini para pelaku UMKM mendapatkan bimbingan intensif mengenai manajemen usaha dan pemasarannya secara digital.

Founder WEI, Reno A. Kurniawan yang juga praktisi usaha online memandu langsung sesi ini. Pertama-tama, para partisipan dikenalkan kepada online marketing tools seperti akun di beberapa marketplacefanpage di Facebook dan customer service melalui sosial media lainnya.

Setelah dibawa ke gemerlap jualan online, partisipan belajar lebih dalam mengenai pencatatan usahanya. “Mau Digital Marketing se-apik apapun juga pasti balik lagi ke dalemnya. Tergantung bagaimana kita mengatur operasional usaha kita ini” ujar Amanda Kharisma, Presiden WEI yang juga ikut membimbing para partisipan.

“Usaha memang perlu disiplin tinggi. Tapi yang paling susah memang kalau tidak punya teman-teman seperjuangan yang saling ngawasin. Dulu saya belajar dari sana-sini sendirian. Kalau gini kan enak. Jadi belajarnya bareng-bareng dan ada semacam mentor yang bisa ditanyai” ujar Reno yang ditemui seusai pelatihan Senin lalu di Mandiri Inkubator Bisnis, Jakarta Selatan.

Acara ini sebetulnya berangkat dari banyaknya permintaan edukasi dan pelatihan dari para pelaku UMKM. Mereka mengeluhkan minimnya sarana untuk bertanya. Konektifa akan terus bekerja sama dengan WEI dan Mandiri Inkubator Bisnis untuk mengadakan pelatihan-pelatihan serupa. Seminar, pelatihan atau sekedar sharing akan diadakan sesuai dengan request dari UMKM yang terlibat dalam sistem Konektifa. Tentunya masih banyak pakar dan praktisi usaha yang juga bersemangat untuk mengisi pelatihan-pelatihan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *