Cara Sukses Rileks Wirausaha

Wirausaha memang memerlukan dedikasi purna waktu. Selama 24 jam penuh, wirausahawan bisa saja mengurus ini-itu mulai dari negosiasi dengan supplier, merapikan pembukuan, hingga merancang caption untuk pemasaran di Instagram. Dengan kewajiban yang menumpuk dan waktu yang serasa tidak cukup, tak heran wirausahawan rawan dilanda stres.

Stres memang bisa datang kapan saja tetapi tidak perlu diwajarkan (duh, justru perlu dihindari). Lalu, bagaimana cara agar kita suskses menjalankan usaha tanpa stres? Berikut adalah kiat anti stres yang mengandalkan keseimbangan antara kebutuhan mental dan fisik.

  1. Buat rutinitas

    Mike Petrucci via Unsplash

    Setidaknya ada hal-hal yang perlu dilakukan tiap hari. Rutinitas membantu kita rileks karena terencana. Tetapi, jangan lupa bahwa rutinitas ini harus bisa fleksibel.

  2. Rapikan pencatatan

    Glenn Carters Peters via Unsplash 

    Setiap kegiatan usaha sebaiknya dicatat tidak jauh dari waktu kejadian. Hal ini akan mengurangi risiko kerancuan. Ketika ada yang tidak wajar, kita bisa langsung tinjau. Yang paling penting, kebiasaan ini memudahkan kita membuat laporan nantinya di akhir bulan

  3. Ciptakan rekreasi kita sendiri

    Julia D’Alkmin via Unsplash

    Meskipun kadang kita merasa sanggup bekerja seharian penuh, tubuh kita tidak. Rekreasi merehatkan pikiran kita dari tuntutan fokus penuh. Bisa berupa olahraga, bercengkrama dengan orang sekitar, jajan makanan kesukaan, atau sekedar mendengarkan lagu.

  4. Ayo ngobrol!

    Matthew Henry via Unsplash

    Usahakan bangun koneksi dengan orang sekitar, lebih bagus lagi jika lebih santai. Bahkan ketika sedang berkomunikasi dengan pemasok atau pelanggan, usahakan menjalin koneksi. Ini akan membawa kita ke banyak cerita yang menyegarkan pikiran, bahkan ide yang tak terduga.

  5. Evaluasi hari ini, rencanakan esok hari 

    Umit Bulut via Unsplash

    Esok hari dimulai dari hari ini. Rekap kembali kelanjutan hari ini yang harus dilanjutkan esok hari. Cocokkan dengan timeline kegiatan usaha dan target bulanan. Mulai susun prioritas dan tingkat stres dari kegiatan-kegiatan yang perlu diselesaikan. Untuk memulai hari dahulukan kegiatan dengan tingkat stres ringan.

  6. Cari sentuhan alam

    Ali Shah Lakhani via Unsplash

    Paparan sinar matahari ternyata dapat meningkatkan performa seseorang baik saat  bekerja maupun istirahat. Jika tempat kerja kita kebanyakan di dalam ruangan, sempatkan berjemur dulu di jalan menuju kerja. Anda kerja di rumah? Buka jendela sewaktu-waktu agar udara berganti. Manfaatkan waktu istirahat untuk jalan-jalan mencari udara segar. Bisa juga atur meeting di luar ruangan. 

 

Dengan kebiasaan ini, manajemen usaha maupun pribadi kita akan membentuk ritmenya sendiri sehingga ada kala pekerjaan kita berjalan otomatis. Kalau sudah begitu, kita bisa lebih rileks dan santai. Tidak hanya membuat usaha lebih produktif, efisiensi waktu untuk istirahat pun terjamin. Inilah kerja cerdas, bukan asal kerja keras.

 

Tulisan ini dibuat dengan referensi dari:

http://www.lifehack.org/articles/productivity/use-these-daily-routines-7-famous-entrepreneurs-create-your-own-routine.html

https://www.forbes.com/sites/daviddisalvo/2013/06/18/to-get-more-sleep-get-more-sunlight/#5647241716dc

http://www.huffingtonpost.com/christopher-m-barnes/sleep-and-stress_b_3415480.html

https://www.forbes.com/sites/sage/2014/04/14/four-relaxation-tips-for-busy-entrepreneurs/#1597baa1322d

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *